Rahasia Memilih Niche Potensial untuk Blog Penghasil Dollar

Sudah lama pengen sedikit cerita, ketika muncul ide untuk memilih dan mencari Niche potensial atau paling banyak dicari orang untuk kemudian dituangkan kedalam sebuah blog. Karena saat ini saya yakin 90% orangp-orang membuat blog dan melakukan kegiatan blogging adalah untuk menghasilkan uang. Sisanya adalah untuk media diary pribadi atau blog biasa.


Jadi inget pas awal belajar membuat blog di tahun 2008, tinggal bikin, nulis asal-asalan. Ternyata untuk membangun blog berkualitas, pengunjung bejibun sangatlah sulit. Bagi pemula seperti saya kegiatan Memilih Niche Potensial yang banyak dicari pengunjung adalah kegiatan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Namun setelah tahu Rahasia Memilih Niche, semua jadi gampang.

Jadi, langkah awal, saya harus mengetahui apa tujuan saya ngeblog, lalu mengetahui pengertian niche itu sendiri. Jika tujuan ngeblog buat nyari duit di internet, maka saya harus memilih niche (ceruk pasar) yang banyak dicari orang, lalu cari/buat produk yang berhubungan dengan niche atau tema blog, untuk kemudian memasarkan diblog.

Satu hal yang saya selalu ingat adalah berusaha untuk memilih niche spesifik atau tema sepsifik, karena katanya si embah Google sangat menyukai blog bertema khusus atau spesifik. Kemudian membuat strategi dan cara yang baik dalam memilih memilih niche dan target pasar  yang dibidik sebelumnya.

Berikut Rahasia cara Memilih Niche Potensial yang banyak di cari orang :

1.  Gunakan Keyword Tool

Ada banyak tool untuk digunakan dalam memudahkan mencari niche  potensial, baik itu tools yang berbayar maupun yang gratis. 

- Google Keyword Planner
- Google Trends
- Wordtracker
- Keyword Discovery
- MSN Keyword Forecast
- King of Keyword
- Dmoz Directory
- Semrush
- Paypal
- Shopping
- Amazon Best Seller

2.  Memiliki Tingkat Persaingan Seidikit

Pesaing sedikit dan jumlah pencarian yang banyak maka ini bisa dijadikan pilihan niche/tema/keyword dari blog yang akan kita bikin. Tapi niche nya juga jangan terlalu sedikit pesaing atau malah ga ada pesaing, karena itu berarti uang didalam nya sangat sedikit hehe. Jadi langkah yang baik adalah memilih produk yang akan dipasarkan lebih dulu sebelum menentukan niche.

3.  Pilih Niche dalam Bidang yang kita Minati

Jika ada Niche yang sesuai dengan Minat atau Hobby hal itu akan semakin baik. Karena nantinya selalu ada Ide untuk mengisi Konten Blog karena memang merupakan passion dan keahlian kita. Namun kadang tidak selalu menguntungkan dikarenakan  hobby yang kita miliki tidak menguntungkan untuk dijadikan lahan bisnis. Oleh karena itu sebaiknya tidak terlalu kaku dalam memilih niche, pilih  niche diluar hobbi yang penting menguntungkan hehe :)

4.  Banyak Peminat atau Pembeli

Ini adalah hal paling penting, sebab di internet banyak para pencari gratisan, hal yang sia-sia jika kita membangun blog yang tidak ada pembelinya. Triknya adalah saat menggunakan Google Keyword Planner jangan lupa sertakan kata "buy" di depan keyword yang dibidik untuk blog.

5.  Banyak Pemasang Iklan (Advertiser)

Lakukan pengecekan saat menggunakan Google Keyword Planner (GKP) di keyword (kata kunci) utama yang kita bidik. Jika sepi pengiklan maka jangan di pakai keywordnya. Berarti di sana banyak para pencari gratisan aja.

6.  Jangan Memilih Niche / Keyword Musiman
Yang namanya musiman pasti cepat berganti, misal niche musiman adalah tentang Valentine Day, Halloween, dan masih banyak lagi. Jadi cari niche yang dalam setahun salalu stabil pencariannya atau dalam jangka panjang selalu menghasilkan uang.

7.  Pilih Niche yang Longtail Keyword atau Specifik

Maksudnya adalah Niche Longtail Keyword merupakan Niche dengan lebih dari 2 kata atau singkatnya niche sepisifik bukan yang umum atau luas. Misal, niche Weight Loss, maka jika long tail Keyword menjadi How to Weight Loss for Teenager. Ini adalah niche spesifik / long tail keyword.

8.  Bergabung di Forum tentang Niche yang kita Minati

Banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, cari di google dengan mengetik "target niche+forum" di mesin pencari.

Tidak ada komentar untuk "Rahasia Memilih Niche Potensial untuk Blog Penghasil Dollar"