Tips Memblokir Rekening Penipu Online

Saya dan sebagian besar netter lain, pasti sering belanja online atau transaksi online, baik itu belanja produk fisik dan juga produk digital. Alhamdulillah, ane lancar aja kalo belanja online. Tapi buat yang mungkin sudah mengalami pernah di kibulin penipu online, uang udah ditransfer tapi barang ga kunjung datang, dan penjualnya, si penipu online hilang entah kemana.


Sebagian dari Anda mungkin panik, apalagi uang yang ditransfer lumayan gede, maka  sangat perlu melakukan tindakan Memblokir Rekening Penipu Online. Langkah ini sangat jitu, karena dengan cara memblokir rekening pelaku penipuan online, pelaku akan sangat mudah ditemukan.

Dikutip dari Kompas.com, berdasar hukum "Bye Laws", korban penipuan online melalui transfer bank sekarang bisa meminta bank untuk memblokir rekening pelaku penipuan online.

Peraturan mengenai blokir rekening penipu ini sudah ada sejak tahun 2009 dan merupakan upaya pemerintah untuk melindungi nasabah perbankan dari tindak penipuan.

Langkah memblokir rekening penipu online :

  • Segera siapkan bukti transaksi, bukti salinan email atau sms atau blackberry messege.
  • Jangan lupa siapkan data pihak yang sudah menipu Anda, seperti nomor rekening dan nama pemilik rekening, juga nomor handphone/telepon, dan email / website.
  • Jangan lupa siapkan juga bukti transfer bank, sms banking, atau internet banking.
  • Buat kronologi kejadian diatas materai sebagai pelengkap laporan memblokir rekening penipu.
  • Buat laporan penipuan ke kantor polisi terdekat dan minta surat pelaporan tadi untuk pelengkap laporan ke pihak bank.
  • Laporkan ke kantor cabang bank yang bersangkutan, misalkan ke kantor cabang BCA atau Mandiri atau BNI atau BRI terdekat, tergantung bank pemilik rekening penipu tersebut. Sampaikan bahwa Anda telah di tipu oleh orang yang mempunyai nomor rekening yang telah anda kirimi uang. Sertakan bukti transfer beserta Surat Laporan Polisi (jangan lupa di foto copy) dan bank akan menampung laporan anda. Usahakan mendatangi Cabang Besar Bank karena akan cepat untuk di tindaklanjuti.
  • Ajukan permohonan pemblokiran secara resmi sesuai aturan bank tersebut. Biasanya akan ada form yang disediakan oleh pihak bank.
  • Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses pemblokiran oleh pihak Bank, jangan lupa tinggalkan alamat dan nomor telepon Anda agar mudah dihubungi oleh pihak Bank.

Selanjutnya Bank akan melakukan investigasi dan segera memblokir rekening pelaku penipuan online. Rekening yang terblokir hanya bisa di buka oleh yang punya rekening, sehingga jika si penipu akan membuka blokir maka investigasi mendalam akan di lakukan oleh bank dan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan kepolisian.

Semoga artikel Tips  Memblokir Rekening Penipu Online ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

 
*Dari berbagai sumber

2 komentar untuk "Tips Memblokir Rekening Penipu Online"

  1. Balasan
    1. makasih gan udah mampir blog jelek ane,,,
      yaa namanya juga blogger gan, hehe

      Hapus

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai isi tulisan Ane.
Komentar yang ane anggap Spam ane hapus, Sob.