Belajar SEO

Halo, Sob. Sekarang lagi demen2 nya belajar nulis, mumpung lagi seneng, bawaanya mau nulis aja hehe. SEO, apa itu SEO? SEO adalah optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimazion. Belajar SEO adalah hal wajib bagi yang pengen suskes bisnis online.

belajar seo

Fungsi SEO adalah agar Blog atau website kita bisa masuk 10 besar halaman 1 di mesin pencari Google. Mengingat di internet ada milyaran blog dan website yang menjadi pesaing kita. Maka diperlukan optimasi yang tepat agar bisa sukses mengalahkan web lain yang memiliki tema yang sama dengan web kita, sob.

6 Elemen Dasar Pendukung SEO

Dalam belajar SEO, sangat banyak strategi yang harus dilakukan, tapi setidaknya ente harus memperhatikan 6 elemen dasar pendukung SEO, yaitu :

Keterkaitan Nama Domain

Semua mesin pencari, terutama Google, ketika pertama kali dimasukan kata kunci atau keyword, mesin pencari menyesuaikan antara keyword tersebut dengan nama domain dari sebuah blog atau website, sob. Saran ane, usahakan memberi nama domain sesuai dengan tema (niche) dan isi dari sebuah blog/website.

Title atau Judul

Title atau judul sebuah artikel atau postingan dalam blog/web, sangat ngebantu banget sob dalam memperebutkan posisi teratas di Google. Karenanya ente wajib banget untuk membuat judul yang berhubungan atau mempunyai korelasi antara keyword dan juga deskripsi dari isi materi blog ente.

Meta Keyword dan Meta Deskripsi

Metadata mencakup semua informasi dalam sebuah data dan berlaku juga untuk sebuah blog atau website, sob. Biasanya setiap template atau thema blog atau web terbaru sudah mendukung metadata. Tapi kalo blog/web ente belom ada, ente bisa menggunakan tag <meta>. Untuk melihat kodenya ente bisa liat di bagian source code blog atau web nya. 

Metadata sendiri sangat berguna banget sob untuk mendukung SEO, yaitu meta keyword dan meta deskpripsi.

Keterkaitan Isi atau Konten

Ini wajib banget sob, usahakan selalu memberikan korelasi antara isi postingan setiap artikel dengan keyword yang ente bidik pada blog/web ente. Denga begitu blog ente akan bersaing dengan blog lain di mesin pencari. 

Usahain untuk selalu konsisten menulis artikel yang selalu berhubungan atau berkolerasi dengan keyword, title, deskripsi dan juga nama domain dari blog ente. Masukan keyword di setiap paragraf artikel, namun jaga untuk tidak terlalu sering, karena akan dianggap spamm sama mbah Google hehe.

Sitemap

Nah, ini bisa dikatakan peta dari seluruh isi blog atau web ente gan, sob, mba, mas. Dengan memiliki sitemap, maka mesin pencari akan sengat mudah mengenali blog ente, asik kan :D

Submit Ke Search Engine

Kalo ini sangat penting dalam optimasi SEO. Daftarin web/blog ente ke mesin pencari dan juga web directory. Ga harus banyak sob, cukup daftarin ke Google, Bing, dan Dmoz.

Berikut ane kasih url untuk submit blog ente ke beberapa mesin pencari terkenal di internet :
  1. Google.Com - https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
  2. Bing - http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
  3. Dmoz.org - http://www.dmoz.org
Wokeh sob, segitu dulu curhatan ane mengenai Belajar SEO, masih banyak yang perlu ane sendiri ketahui untuk mempelajari SEO sendiri, karena semakin kedepannya, teknik SEO terbaru selalu bermunculan, karena Algoritma mesin pencari yang selalu update.

Tidak ada komentar untuk "Belajar SEO"