Tips Memilih Waktu yang Tepat Share Tautan Blog di Media Sosial


Ane yakin sob, semua yang punya akun dimedia sosial, baik itu Facebook, Google +, Twitter, Pinterest, Instagram. Pasti sering juga melihat atau pernah membaca tautan yang dishare yang muncul di halaman beranda akun media sosial ente. Baik itu tautan dari personal blog atau web bisnis tertentu.

Kalo menarik dan banyak respon, maka itu sebuah keuntungan tersendiri, karena sudah barang tentu, blog atau web tadi jadi lebih dikenal atau terkenal. Dan inilah yang kita inginkan sebagai seorang blogger, hihiu.

Tapi pernah mengalami tautan yang kita share ga ada respon atau sedikit sekali yang merespon ? Sekarang ane udah tau kenapa hal itu terjadi sob, maka baca sampe tuntas karena akan ane bagi tips bagaimana memilih waktu yang tepat sharing tautan blog di media sosial.

Tips Memilih Waktu yang Tepat Sharing Tautan atau link di media sosial

Okeh sob, kali ini ane bakal curhat kapan waktu tepat berbagi tautan di media sosial seperti Facebook,  Google+, Twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin. Kalo mau  tautan kamu banyak dilihat dan mudah2an direspon, maka wajib memilih waktu beriku, semoga beruntung :D

1.    Facebook
Biasanya banyak diakses dihari kerja, dan mencapai puncak pada hari kamis dan jumat, sob. Tapi kalo akhir pekan, pasti turun drastis. Kenapa? taulah ya hahaha. Statistik membuktikan, pada jam 1 siang orang2 banyak mengkases FB alias waktu puncak orang2 buka fb. Maka ini adalah waktu puncak para pengguna berbagi tautan atau share sesuatu, dan jam 3 sore adalah waktu puncak mengklik tautan yang dishare.

2.    Twitter
Adalah media sosial nomor 2 setelah facebook dalam hal pengguna. Dengan 288 juta pengguna dan 500 juta tweet tiap hari. Kebalikan dari FB makan Twitter akan banyak diakses pada akhir pekan. Twitter memang mudah diakses dengan mudah melalui perangkat mobile, namun golden time tidak berlangsung sepanjang waktu. 
 
Pengguna banyak melakukan klik untuk menuju laman eksternal yang dibagikan pada pukul 12 siang dan 6 sore – berkenaan dengan jam makan siang dan waktu perjalanan pulang ke rumah setelah jam kerja. Di waktu yang berdekatan, pukul 5 sore adalah waktu puncak para pengguna dalam melakukan retweet, sob.

3.    Google+
Dengan 540 juta pengguna aktif  bulanan, para pengguna yang terhubung melalui akun email gmail mereka, youtube, dan blogger. Dan rentang waktu yang pas untuk berbagi atau share tautan adalah antara jam 9 pagi hingga jam 11 siang pada hari kerja senin-sabtu. Mencapai puncak nya pada hari rabu. Statistik mengatakan, pengguna Google+ selalu membuka akun mereka di awal hari.

4.     Pinterest
Ini merupakan media sosial lain yang lumayan populer dan memiliki lebih dari 70 juta pengguna yang kebanyakan adalah kaum hawa. Akhir pekan adalah waktu yang tepat dipilih untuk melakukan posting atau berbagi link tautan di pinterest. 

Statistik menunjukan Jam 8 malam hingga jam 11 malam adalah waktu yang tepat untuk share tautan. Aktifitas tertinggi mencapai puncaknya jam 9 malam, jadi manfaatin ya hehe.

5.    Linkedin
Kalo yang belom tau, linkedin adalah jaringan proffesional terbesar didunia. Kebanyakan diakses pada jam kerja dan mencapai puncaknya pada hari pada selasa, rabu dan kamis. Antara jam 7 hingga jam 8 pagi. Begitupula pada sore  hari jam 5 hingga 6 banyak para pekerja yang pulang dari tempat kerja.

6.    Instagram
Berbeda dengan media sosial lain, tingkat engagement pengguna Instagram stabil sepanjang pekan, hanya sedikit meningkat pada hari Senin dan mengalami sedikit penurunan pada hari Minggu. Waktu yang tepat bagi Anda dalam melakukan posting adalah sekitar pukul 3 hingga 4 sore. 
 
Banyak perusahaan yang berada dalam daftar Fortune 500 telah membuktikan hal ini. Hasilnya, 22,5 dari 1000 follower berinteraksi dengan postingan mereka ketika jam kerja sedangkan 33,4 dari 1000 follower melakukan interaksi di luar jam kerja.

Jadi, buat kita para blogger atau pemilik bisnis tertentu, perhatikan baik2 waktu yang  tepat untuk berbagi atau sharing tautan di media sosial, karena ini bisa meningkatkan popularitas blog atau web bisnis tertentu. Oke jangan asal share ya hihih,,, perhatikan, pilih memilih waktu yang tepat untuk share tautannya.

Tidak ada komentar untuk "Tips Memilih Waktu yang Tepat Share Tautan Blog di Media Sosial"