Tips dan Strategi SEO Terbaru 2016

Strategi SEO
Aturan untuk SEO yang efektif kini telah bergeser untuk beberapa tahun terakhir. Saya mencoba untuk berbagi aturan baru SEO 2016 yang mungkin akan sangat baik digunakan supaya blog Anda semakin baik peringkatnya di mata google. Jadi baca terus ya,,

Strategi SEO yang baik yaitu berfokus pada kunci. Kenyataanya adalah mesin pencari selalu lebih pintar dari para blogger atau pembuat konten seperti saya,atau Anda. Kita tidak bisa berbuat banyak bagaimana blog kita akan muncul dihalaman berapa.

Menurut sebuah studi tahun 2015, tentang masa depan SEO oleh Moz Inc, sebuah perusahaan konsultan SEO yang berbasis di Seattle, faktor yang paling penting untuk dampak SEO tahun 2016 adalah mobile friendly, yang akan meningkatkan impact sebesar 88%; analisis nilai suatu halaman atau analysis of a page’s perceived value (naik 81%); lama waktu melihat sebuah halaman atau usage data such as dwell time (naik 67%); dan desain blog atau web yang baik dan mudah dibaca (naik 67%). Studi ini juga melaporkan Faktor-faktor SEO seperti  link berbayar atau effectiveness of paid links (turun 55%) dan pengaruh anchor teks (turun 49%).

Oke, berikut 6 Tips dan Strategi SEO 2016 yang harus Anda ketahui :

1.  Niat adalah Segalanya
Anda tidak perlu lagi kata kunci yang tepat untuk menawarkan hasil pencarian yang relevan, kata Cyrus Shepard, direktur audience development di Moz. "Di masa lalu, itu tentang mendapatkan klik. Sekarang mesin pencari melihat bagaimana orang-orang yang berinteraksi dengan situs web Anda: Apakah mereka akan kembali dan mengklik hasil apa yang mereka cari, atau mereka menemukan jawaban yang mereka cari ketika mereka berada di situs Anda? SEO sekarang adalah aktivitas pasca-klik. Tidak hanya Anda harus mendapatkan klik, tetapi Anda harus memenuhi keinginan pengunjung. "

2.  Jangan Banyak Menaruh Kata Kunci
Bahkan kata kunci dalam sebuah Judul sekarang sudah tidak penting. Kenapa? Karena Google sekarang semakin cerdas dalam menafsirkan makna dari sebuah tulisan diblog atau website kita. Dulu misal kita menulis "restoran terbaik" maka dengan menulis kan kata itu beberapa kali di postingan, Anda mungkin bisa melihat blog Anda nangkring dihalaman pertama Google, tapi tidak untuk sekarang. Sekarang makna semantik jauh lebih di sukai Google. Cukup tulis pengalaman terbaik saat makan disrestoran maka mesin pencari akan menaruh blog anda di halaman  satu mereka.

Dulu kita cukup menaruh kata kunci dalam kode template dan juga meta deskripsi, tapi hal itu sudah tidak berlaku lagi. Hal yang paling penting adalah artikel yang tidak keluar dari topik. Misal Anda bicara tentang Apple Watch. Maka dalam artikel anda harus ada kata-kata 'Apple,' 'iPhone,' 'Watch,' 'aplikasi' dan 'waktu'. Artinya kata -kata itu saling berhubungan, dan tidak keluar dari topik. Anda mengerti maksud saya kan hehe.

Sebagai informasi, 75% pencari di Google mengetikkan 3 sampai 5 kata untuk mencari sesuatu. Itu artinya kita harus bisa menjadi pengguna untuk bisa memberikan kata kunci yang tepat supaya Google menampilkan blog Anda. Oleh karena itu sebagai pemilik blog Anda harus bisa mengoptimasi SEO dengan cara seperti ini.

3.   Fokus Pada User Experience
Perlu Anda ketahui Google, sekarang, membuat 500 perubahan algoritma  setahun. "Setiap perubahan difokuskan pada memastikan bahwa ketika seseorang mencari di Google, jika mereka mendapatkan hasil yang tepat pada beberapa halaman pertama. Ini adalah masalah bagaimana Anda memastikan bahwa konten Anda adalah konten terbaik di Internet."

Dengan demikian, konten fresh dan orisinil menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Semakin banyak konten fresh dan orisinil yang dapat Anda hasilkan, apakah itu foto atau video, atau artikel yang panjang, pastikan konten yang Anda sajikan benar-benar membuat pengunjung merasa senang bahkan rela membagikan artikel Anda di media sosial milik mereka. :)

4.   Buat Artikel Panjang
Sebuah artikel atau konten yang berjumlah 1.200 sampai 1.500 kata, akan mendapat ranking terbaik dalam mesin pencari. Berbeda saat 3 tahun lalu, dimana artikel dengan panjang 300 kata, sudah mendapat peringkat yang baik untuk SEO pada Google.

Artikel yang panjang akan mendapat traffic atau pengunjung lebih banyak, dan pastinya mendapat peringkat yang baik pula dalam optimasi SEO sebuah blog atau web.

Buatlah visitor mudah membaca konten Anda dengan memberikan list atau angka untuk penjabaran artikel satu persatu. Google menyukai artikel seperti ini. Bila banyak mengutip dari sumber luar maka berikan sumber artikel yang anda ambil. Atau bisa dengan memberikan link yang relevan dengan artikel Anda. Semakin banyak sumber yang relevan maka akan membuat Google mempercayai Blog Anda sehingga mereka memajang di halaman pertama mesin pencari.

5.   Optimalkan Versi Mobile
Zaman sekarang orang lebih banyak menggunakan smartphone atau mobile phone untuk mengakses internet. Mereka membaca berita, membuka social media dari smartphone mereka. Jadi penting sekali agar Blog atau Web Anda mendukung versi mobile. Atau istilahnyaa memiliki desain yang responsive. Gunakan template blog yang responsive. Ini juga poin penting dalam aturan SEO yang powerful.

Pastikan Google mengerti bahwa konten Anda dapat dibaca oleh perangkat mobile :D

6.   Gunakan Gambar yang Unik
Gambar merupakan elemen penting dalam sebuah blog atau web, penting sekali dalam sebuah artikel. Selain membuat tampilan jadi menarik, juga berperan dalam hal Optimasi Mesin Pencari. Optimasi yang benar akan membuat peringkat SEO menjadi lebih baik. Jangan keluar dari topik yang Anda bicarakan.

Selain itu berilah alt titel pada gambar, beri nama gambar sesuai dengam kata kunci Anda.

Nah, itulah Tips SEO Terbaru 2016 dari seorang nubi, semoga bermanfaat. :)

Jika masih kurang silahkan tambahkan di kolom komentar, jiak dirasa bermanfaat sillahkan di share.

Tidak ada komentar untuk "Tips dan Strategi SEO Terbaru 2016"